Rabu, 21 September 2016

GAME ANDROID TERBAIK (1)

Salam Dahsyat untuk gamer tanah air. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang game-game yang cukup menarik di android. Kemungkinan beberapa game yang akan saya bahas tidak begitu terkenal, namun gameplay yang disajikan cukup menarik dan buat ketagihan.

Postingan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian, jadi kemungkinan ada beberapa blog lagi yang akan menyusul.

Kita mulai bahas dari game ber-genre SPORT. Pada setiap genre akan saya ambil 2 game pilihan saya. Bukan sekedar pilihan saya, tetapi juga menurut saya game ini sangat bagus dan layak untuk dikoleksi.

NBA LIVE MOBILE
Pertama, ada game NBA Live mobile merupakan keluaran oleh EA Sport. Game bola basket kedua yang disajikan EA pada perangkat android, sebelumnya ada NBA Jam namun gameplay dan grafiknya cukup ketinggalan untuk konsol seperti android dan ios. Pada gameplay NBA Live ini, game ini mengajak kita untuk membangun tim basket dengan pertandingan 5on5. Sehingga tampilan pertandingan full court .Dan seperti biasa, EA menyajikan game ini dengan fitur cards. Dimana statistik pemain-pemain akan  berbentuk seperti kartu. Jika kita beruntung, kita juga akan memperoleh kartu pemain yang statistiknya bagus dalam bentuk kartu.

Positive, game ini merupakan free game yang diberikan EA kepada para gamer yang terdapat di android dan ios. Banyak fitur gameplay juga dari game ini. Kita membangun tim yang pemainnya juga lisensi asli dari NBA.

Negative, dari segi gameplay game ini masih kurang. Ada fitur multiplayer dengan pemain lain, tetapi pertandingannya tidak langsung live keduanya. Melainkan tiap player bertanding terlebih dahulu melawan tim lawan. Dimana tim lawan hanya digerakkan oleh BOT. sehingga kedua pemain harus menunggu giliran. Selanjutnya, game ini butuh koneksi internet untuk memainkannya. Jadi, tidak hanya boros baterai serta kuota juga.




DREAM LEAGUE SOCCER 2016

Kedua, ada game Dream league soccer 2016. Game ini merupakan keluaran dari First Touch. Kenapa saya lebih pilih ini dari pada game FIFA 15, alasan utama karena irit kuota. Terus, fitur yang diberikan first touch pada game ini lebih menarik dari pada game bola terkenal lainnya. Saya juga perna memainkan game ini pada rilisan sebelumnya, dan salah satu fitur yang paling menarik menurut saya pada game ini (dulu-sekarang) adalah ”membangun stadium”. Pada game ini kita dapat membangun dan merenovasi stadium, tidak hanya kapasitasnya saja melainkan bentuk stadium itu sendiri. Saya juga pernah mainkan game bola keluaran Gameloft, yaitu REAL FOOTBALL. Game ini punya fitur yang sama, memang game ini lebih duluan keluar daripada Dream League Soccer. Tapi fitur ”bangun stadium” itu masih terkesan monoton. Maksudnya, stadium yang kita bangun sudah ada konsep tersendiri dari setiap upgrade nya. Itu perbandingan dengan game sejenis menurut saya. Mari kita kembali lagi ke game ini.

Game ini punya fitur permainan seperti game bola lainnya. Control dari game juga cukup mudah, grafis uda cukup lumayan, dan kompetisi di dalamnya cukup ramai juga. Mengingat game ini berkapasitas rendah, tidak sampai setengah gigabyte, cukup menolong bagi kamu yang punya kapasitas memory terbatas.

Positive, game ini merupakan game offline yang cukup baik. Sehingga tidak perlu takut untuk gagal koneksi dalam permainan. Fitur yang menarik dan control permainan yang mudah.

Negative, dari aspek detail permainan masih jauh dari sempurna. Gerakan tiap pemain masih terkesan kaku. Dan sepertinya game ini hanya mendapat lisensi “nama pemain” saja, sehingga tampilan wajah pemain juga tidak seperti nyatanya. Dan masih banyak pemain “asing” mungkin ciptaan dari First Touch sendiri untuk meramaikan jumlah pemain dari game ini.



Setelah membahas tentang game Sport, saya akan bahas game android  lainnya yang ber-genre STRATEGY. Dari genre ini akan saya ambil 2 pilihan terbaik saya (mungkin kalian juga). Yaitu, ada Dominations dan Tiny Troopers 1 & 2.

DOMINATIONS

Game Dominantions ini merupakan game besutan dari NEXON M Inc. Ini merupakan evolusi game strategi yang pernah ada dimasa nya. Game ini juga bisa “berevolusi” dan menjadikan fitur utama (khas) yang dimiliki game ini. Game ini rilis pertama kali tahun 2015 kemarin, kalau tidak salah pertengahan tahun (rilis di Indonesia). Saya menanti game ini cukup lama dari info/berita game sekitar beberapa bulan juga. Setelah masuk tanggal perilisannya, saya langsung install game ini di android saya.
Setelah terinstall, saya coba bermain. Waktu itu banyak game strategi lain yang terkenal. Salah satunya Clash of Clan a.k.a COC. Saya juga pernah memainkan game tersebut. Namun, pada game Dominations ini yang paling saya nantikan adalah fiturnya. Fitur yang unik (maupun terbaru dalam dunia game strategi android) adalah “evolusi”. Ya, evolusi periode game. Jadi, game ini tidak hanya menyajikan konsep battle dengan menggunakan troops, tetapi kita dapat merasakan evolusi dari troops tersebut. Pada awalnya kerajaan kita bisa disebut “masa purba”. Di mana troops, bangunan, alat perang masih jadul. Konsep game ini memacu kita untuk meng-upgrade periode perangnya. Dari zaman purba sampai modern. Dan juga punya pilihan “ras/suku”.

Positive, game ini punya konsep tersendiri yaitu evolusi masa perangnya. Troops yang selamat ikut perang akan kembali ke base, jadi kita tidak usah membuat ulang troops yang masih ada.

Negative
, menurut pengalaman bermain saya game ini butuh banyak kerja keras untuk mengupgrade konsep kerajaan agar lebih modern. Sehingga memakan waktu yang cukup lama.



TINY TROOPERS

Selanjutnya ada game Tiny Troopers 1 dan 2. Ini adalah game strategi yang cukup unik dan mengaksyikkan menurut saya. Pada sekuel game yang pertama terdapat beberapa fitur seperti story mode & zombie mode. Pada fitur story mode, kita akan menggunakan karakter yang cukup unik dan berukuran mini. Masing-masing karakter juga memiliki kelebihan tersendiri. Di fitur story mode, ada beberapa chapter dan merupakan story line yang ada dalam game ini. Setiap chapternya kita memiliki misi yang berbeda. Dengan tampilan peta yang berbeda pula, sehingga tidak cepat buat bosan untuk mainkannya. Masing-masing tiap karakter dapat di upgrade juga skilnya. Pada fitur zombie mode, kita akan disuguhkan satu peta yang tidak cukup luas. Kita berada ditengah-tengah peta tersebut. Dengan menunggur serbuan dari para zombie. Kita akan diuji sampai tahan berapa lama, semakin lama semakin bagus pula score yang kita dapat.

Positive, game ini termasuk ringan untuk dimainkan. Cukup dapat membakar waktumu untuk menunggu sesuatu yang lama. Tampilan gamenya juga cukup menarik dengan sajian story line yang bagus.

Negative, jujur saya hampir bingung untuk mencari kekurangan dari game ini. Tapi setelah saya pikir-pikir, game ini cukup cepat untuk ditamatkan. Dan ketika permainan tamat, game ini hanya dapat menjadi koleksi semata. Tidak ada yang dapat dimainkan lagi. Sehingga pada pihak pengembang butuh perlu beberapa fitur tambahan agar gamer tidak berhenti bermain ketika sudah tamat semua episodenya.

Tips:
dalam game ini terdapat tips rahasia. Pada fitur story mode, kita memiliki karakter tentara yang dapat diupgrade. Setiap karakter juga akan memiliki pangkat yang terus naik jika tidak mati dalam medan perang. Namun, jika mati tentara tersebut akan digantikan oleh tentara yang berpangkat amatir. Ini sangat disayangkan, padahal kita telah mengupgrade karakternya. Tapi, saya punya tips dari hal ini yaitu ketika bermain dan karakter kita mati. Segera matikan game, keluar dengan menggunakan tombol close utama android kamu. Dan usaha kan game ini benar-benar tertutup. Sehingga, game tadi tidak ter-save.




Beberapa bahasan game di atas merupakan game-game yang patut kamu coba ataupun koleksi. Saya berani jamin bahwa kamu akan ketagihan. Tapi ingat waktu juga ya kalau bermain game, jangan sampai lupa segalanya.

Pembahasan game ber-genre lainnya akan menyusul. Jika ada rekomendasi game, bisa komentar juga. Mana tau bisa menjadi ulasan juga bagi saya.

Terima kasih

Tidak ada komentar: