Salam dahsyat bagi para pecinta
dan penikmat games di seluruh lapisan muka bumi ini (lagi belajar geografi, sekalian
aja lempeng bumi) hehe… oke tanpa banyak sapa-sapa langsung saja kita bahas
tentang asal-usul terbentuknya kerak bumi (ehh,,tuh kan geografi lagi.. padahal
anak ekonomi) maksudnya sejarah perkembangan Game, yang tak lain tercipta
karena kreatifitas manusia. Langsung saja,,, cekidottt…..
Asal usul permainan video/video
game terletak pada awal tabung sinar katoda
berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program
ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun
1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui
tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di
komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pu
turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai
platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan
genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan
video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan
baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. tapi ini perusahaan tidak bertahan lama ini
sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game yang datang ke pasar
mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya
menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya
mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak
terpengaruh. Generasi selanjutnya dari
konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun beberapa upaya akan dilakukan oleh
Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol, usaha
mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak sampai generasi keenam konsol
permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses
secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali
gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar
beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak
dini. Saat ini hanya
perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld,
walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke
perangkat seperti ponsel dan PDA .
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video
berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977,
ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena
pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
Magnavox Odyssey 200 |
style game pong |
Generasi Kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat.
Generasi Ketiga
Console Famicom vs SEGA |
Generasi
ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau
lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo
Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya
juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang
pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai
sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara
generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama
didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game
yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
Generasi Keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era
16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan
sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988,
Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal
dengan Sega Genesis).
SEGA GENESIS |
Konsol
ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding
NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan
dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali
menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment
System).
Tahun 1989
·
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga:
$109.
NEC
merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga:
$189.
Sega
merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari
merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
NEC
merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di Jepang,
SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini dan tidak
pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
Trip
Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
· NEC
merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut
dengan CD-ROM. Harga: $399.
· SNK
merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa
arcade ke rumah. Harga: $699.
- SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console.
- Sega merilis game-handheld Game Gear.
- Microprose terbentuk.
- NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka, TurboExpress.
Tahun 1991
- · Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999.
- · Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia.
- · Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
- · Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.
- · Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.
Tahun 1992
- · Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i.
- · Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
Generasi Kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era
konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah
Sony Playstation
Generasi Keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol
game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo
serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang
diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya
perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next
generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang
pembuatan game konsol.
Generasi Terbaru
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi
maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft)
mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony
mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo
dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini
semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan
banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya
permainan single player.
Kemudian, sejarah game tetap masih berlanjut sampai dengan
sekarang. Pihak-pihak perusahaan game ternama juga terus bersaing dalam
menciptakan produk konsol game yang mumpuni. Dan berlomba-lomba untuk memuaskan
hasrat bagi penikmat gamer di seluruh dunia.
Kira-kira adakah dari pada gamers sekalian yang pernah
mencoba seluruh konsol di atas??
(pastinya uda banyak cucu) hehe…
Sekian beberapa informasi yang dapat saya berikan tentang
sejarah perkembangan konsol game sepanjang masa. Maaf bila ada kekurangan,
karena setiap sejarah pasti ada yang tidak terungkap. Jika ada kekurangan,
mohon dikomentari untuk saling menambah pengetahuan tentang games.
Semoga bermanfaat,
Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar